Diskop UKM Makassar Dorong Seluruh Koperasi di Makassar Gelar RAT

Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Kota Makassar mendorong agar seluruh unit koperasi untuk menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hal itu demi memastikan mereka terus aktif.

Untuk itu, Diskop UKM Makassar menggelar penyusunan laporan RAT bagi koperasi. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Arthama, Jalan Haji Bau, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan itu dihadiri oleh perwakilan pengelola unit koperasi dengan narasumber yang dihadirkan salah satunya yaitu Kamaruddin selaku praktisi koperasi.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Diskop UKM Makassar, Muh Sukma Saleh pun membuka langsung agenda ini. Ia mengatakan bahwa sangat penting bagi koperasi untuk menggelar RAT sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi pengurus kepada seluruh anggota koperasi.

“Jadi salah satu indikator untuk melihat apakah koperasi itu aktif dan sehat adalah ketika koperasi itu melakukan RAT. Karena RAT itu sendiri merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada seluruh anggota koperasi,” ujarnya.

Sejauh ini, Sukma menyebut sampai triwulan III baru 136 unit koperasi yang telah menggelar RAT. Jumlah itu dari 663 unit koperasi yang aktif di Kota Makassar.

“Sesuai dengan data ada 1.397 koperasi yang ada di Makassar. Namun hanya 663 yang masuk kategori aktif jadi tidak cukup 50 persen. Dari itu, hanya 136 yang menggelar RAT sampai triwulan III ini,” ungkap Sukma.

Atas dasar itu, pihaknya menilai penting menggelar kegiatan pelaporan RAT ini. Sekaligus mengidentifikasi perihal masalah dan hambatan yang dihadapi unit koperasi sehingga belum menggelarnya rapat tahunan.

“Itulah yang kemudian kita mencoba bagaimana Diskop UKM Kota Makassar selaku pembina terus mendorong dan mengkawal bagaimana koperasi ini bisa melakukan RAT secara rutin, permasalahan-permasalahan yang ada di dalam koperasi baik terkait keuangan maupun manajemen tidak boleh menjadi alasan untuk tidak menggelar RAT tiap tahun karena kalau dibiarkan berlarut-larut masalahnya malah akan semakin besar dan tambah sulit untuk mencari solusinya

Similar Posts