Tingkatkan Kualitas Produk, Diskop Makassar Ingin UMKM Siap Ekspor

Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Makassar melalui Bidang Pendidikan dan Penyuluhan menggelar pelatihan peningkatan produk. Lewat kegiatan ini, pihaknya ingin para pelaku UMKM untuk siap ekspor.

Agenda ini berlangsung di Hotel ASTON, Jalan Sultan Hasanuddin, Selasa (20/09/2022). Kemudian dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Penyuluhan, Suryanti Qalsum.

Dua narasumber dihadirkan, ialah praktisi koperasi dan UMKM, Muh Idris, dan akademisi dari Amkop, Muh Saleh. Sedangkan peserta merupakan pelaku UMKM terkhusus mereka yang terlibat di program lorong wisata (longwis).

“Jadi ini memberikan pemahaman, bimbingan dan pelatihan kepada UMKM yang ada di lorong dengan temanya adalah produk siap ekspor. Jadi materinya bermacam-macam, bagaimana cara packing-nya, cara eskpornya,” ungkap Pejabat Fungsional, Hasnawia.

Sesuai arahan Kepala Bidang, ia mengatakan bahwa pelatihan ekspor dipilih mengingat produk UMKM yang ada di Makassar sudah layak dijual ke negara lain. Hanya saja butuh sentuhan pelatihan.

“Memang produknya sudah berkualitas. Cuman bagaimana memasarkan produk itu makanya kita gelar pelatihan. Seperti bagaimana kemasannya diperbaiki, itu tujuannya kami,” tambah Hasnawia.

Terakhir, ia menyebut pelatihan ini akan terus berlanjut. Tujuannya untuk mematikan para pelaku UMKM sudah siap untuk mengekspor produknya ke luar negeri.

“Jadi ini adalah pelatihan angkatan ketiga. Jadi ini nanti sampai angkatan keempat,”

Similar Posts